Jumat, 28 Agustus 2015

(sekilas) Tentang Transformator


Transformator atau Trafo adalah peralatan yang berfungsi mengoversi arus atau tegangan bolak-balik dari nilai tertentu menjadi nilai yang lain.

Konstruksi dasat transformator yaitu sebuah inti besi dari  keping-keping besi tipis yang disekat satu dengan yang lain dan dililiti oleh dua bagian kumparan konduktor. Satu sisi disebut kumparan sekunder, sisi yang lain disebut kumparan sekunder. Perbandingan jumlah lilitan antara kumparan sekunder menentukan besar perbandingan antara arus/tegangan di sisi primer dan sekunder.  


Prinsip Kerja

Prinsip kerja Transformator adalah berdasarkan hukum Faraday yang dicetuskan oleh ilmuan Inggris, Michael Faraday, tentang konversi elektromagnetik, yaitu:
  1.           Jika sebuah penghantar memotong garis-garis gaya dari suatu medan magnetik (flux) yang konstan, maka pada penghantar tersebut akan timbul tegangan induksi. 
  2.     Perubahan flux medan magnetik didalam suatu rangkaian bahan penghantar, akan menimbulkan tegangan induksi pada rangkaian tersebut.   


Jika pada suatu sisi kumparan pada trafo dialiri arus listrik bolak-baliik, maka timbul garis-garis gaya magnet (flux) yang berubah-ubah terhadap waktu dan mengenai kumparan sekunder, sehingga membangkitkan GGL induksi/tegangan sesaat induksi pada kumparan sekunder. Bila kumparan sekunder dihubungkan dengan suatu rangkain tertutup maka akan ada arus yang mengalir.
               
          e=-N (d∅)/dt
Dimana :
                e  = GGL induksi
                N   = jumlah lilitan
                 = flux


Jenis Transformator

Menurut Fungsinya, Transformator dikelompokkan menjadi 4 jenis, yaitu :
  •           Transformator daya
  •          Transformator distribusi
  •          Transformator ukur,dan
  •          Transformator elektronik

Sedangkan berdasarkan jmlah fasanya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu :
·         Transformator 1 fasa, dan
·         Transformator 3 fasa
           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar